Monday, January 21, 2013

Backpacker ke ujung genteng Rp. 350.000

pantai ujung genteng


setelah pulau tidung tujuan wisata ane berikutnya adalah ujung genteng, dan alhamdullilah tahun baru 2013 kemarin ane mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke sana dengan budget yang minim. ane memang suka backpacker gan selain lebih menantang biaya yang di keluarkan juga bisa kita sesuaikan dengan kantong.


ok gan ini ceritanya ane share :
tgl 29 sampai 31 des 2012 kemarin ane pergi ke ujung genteng dengan berbekal keberanian dan duit pas-pasan. berbekal motivasi yang sangat besar ingin melihat keindahan  alam ujung genteng akhirnya ane dengan dua teman ane plus pacar ane berangkat ke ujung genteng. jujur gan ini pertama kalinya ane pergi ke ujung genteng berbekal peta dan mulut (buat tanya-tanya di jalan). kita naik motor gan (cuma 2 motor/ 4 orang) biar gampang kalo kita mau ke tempat-tempat lain dan ngirit.

ane jalan tgl 29 des jam setengah 5 pagi dari jakarta, dan sampe ujung genteng jam 2 siang (jalan santai gan). perjalanan yang cukup melelahkan tapi agan semua gak bakal rugi karena pemandangan sepanjang jalan sangat fantastis ditambah rute pegunungan yang gak bikin ngantuk. ane kurang beruntung gak karena momen tahun baru harga penginapan membengkak semua, ditambah cuaca yang mendung jadi langitnya gak seputih biasanya. tapi over all that's nice gan.

sampai di sana kita langsung hunting penginapan gan, setelah dapet ya kita istirahat trus sorenya kita main d pantai. hehehe


beda dengan tidung gan. di sini kita gak kegerahan karena anginnya gede banget. kalo di tidung mah panas, jd agan gausa cari penginapan yg ber ac di sini. (kaya ane kemarin)

malemnya gak kalah seru gan ane cari makan eh nemu tempat makan yang asik abis. kita makan di bale (tempat makan bambu) di tengahnya ada pohon pas banget di bibir pantai. sumpah itu asik banget gan tp maaf pic nya gada.

esok paginya ane udah siap2 bangun pagi untuk ke pantai, karena pantai lebih bersih saat pagi saat pantai surut.




tapi ane kurang beruntung karena cuaca mendung dan akhirnya hujan menghalangi ane buat main di pantai. sore nya kita siap-siap untuk ke penangkaran penyu tp nasib lagi gan ternyata hari itu gada penyu yang netas jadi kita gak bisa liat penyu d lepas.

malam ke dua ane dinner di tempat yg berbeda dengan menu ikan goreng pake sambel kecap. spotnya gak kalah menarik dengan malam sebelumnya.

esok paginya (hari terakhir kami di ujung genteng) kita dapet kesempatan untuk bermain di pantai sambil makan nasi uduk khas sukabumi gan.






dan siangnya kami siap -siap pulang ke jakarta gan. rasanya kurang lama kita di sana karena banyak spot yg gak bisa kita kunjungi karena musim hujan.


gan ane bocorin rincian biaya per orang nih :

Transportasi
bensin Motor PP  (motor smash thn 2007)                                                             Rp.   70.000

Penginapan
penginapan 3D2N Rp. 800.000 / 4 orang                                                              Rp. 200.000
(bukan harga normal penginapan gan, ini karna lg tahun baru aja)

Makan
paket ayam goreng                     Rp.   15.000
paket ikan goreng                       Rp.   15.000
pecel ayam sukabumi                 Rp.    13.000
Pop mie 2 (Mentah)                   Rp.      8.000

Bubur ayam                               Rp.      5.000
Nasi uduk                                  Rp.      5.000
Jumlah                                                                                                                   Rp.   61.000

tiket masuk ujung genteng / motor                                                                          Rp.     8.000
tiket masuk penangkaran penyu                                                                             Rp.     2.000
Tolak angin 2                                                                                                        Rp.     4.000

TOTAL                                                                                                               Rp.  345.000

Tips dari ane gan :
  • pastikan badan fit, bawa obat-obatan mengingat waktu perjalanan cukup lama.
  • jangan pergi ke ujung genteng dengan satu sepeda motor, mengingat daerah ini rawan begal
  • jangan melakukan perjalanan di malam hari (rawan juga)
  • mencari penginapan jangan di dekat pintu masuknya, cari dekat dengan penangkaran penyu karena pantainya lebih bersih
  • backpacker pilihan tepat saat budget menipis
  • sepeda motor transportasi yang ane rekomendasiin karna kalo gada sepeda motor untukk spot2 yang lain agan perlu sewa ojek dan itu pemborosan
  • usahakan isi full bensin agan saat melihat pom bensin. karena di sana sangat jarang pom bensin
  • usahakan agan tetap pede karena kalau agan keliatan bingung harga-harga bisa melambung gan
  • usahakan tawar menawar saat mencari penginapan
  • membawa bekal makan untuk di perjalanan.
  • jangan berhenti di daerah jampang gan (rawan)
  • berdo'a

sekian gan cerita ane. kalo mau tanya-tanya tinggal comment aja yak. ane pasti bales.

selamat backpacker gan dan tunggu kisah ane selanjutnya.

23 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. gan, misalnya ane bawa tenda, bisa ga? kena charge lg?
    trus disono kan ada air terjun.. tmpatnya sama ato ntar bayar tiket lagi??

    ReplyDelete
  3. Bisa gan. Nanti ente cari aja pantai yg ada hutan bakau nya. Biasanya ada yg diriin tenda juga d situ. Masalah charge sebenernya gada gan. Cuma ente siapin aja 20 sampe 50 ribu buat uang kebersihan kalo sewaktu-waktu d tagih. Tp kalo kaga ya woles aja. Hehehehe

    Kalo curug cikaso sekitar 1 jam lg dr pantai gan. Taun kmaren sih biaya perahunya 5000 per org.6

    ReplyDelete
  4. gan info donk penginapan nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung banyak yg minta cp nya nih. Heheheh
      Yg minat cp penginapan d sana email ane aja yak
      Banghilmy@gmail.com
      Maaf yg cuma komen tanpa kirim email k ane gak ane kasih cpnya. Tks

      Delete
  5. bang klo posisi penginapan nya deket pantai ga ?
    lagi rencanain kesana ni tapi masih bingung di penginapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket kok gan. Belakang homestay langsung pantai yg ane foto. D sana emang homestay ada d sepanjang pantai. Jd homestay d sana rata2 viewnya ok semua.

      Delete
    2. bisa parkir mobil ga ?
      sorry banyak tanya,

      Delete
    3. Bisa kok gan. Ampe penangkaran penyu juga bisa pake mobil
      Cuma medannya ya lumayan deh.

      Delete
  6. itu kalau naik motor berangkatnya darimana trus sampe mana??? rincian rute2nya ada gak???

    mohon info gan, nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane kmaren naik mtr d jkt ampe ujung genteng sis. Ambil jalur pelabuhan ratu aja. Tp jgn sampe pelabuhan ratunya. Nanti abis pasar cibadak ente ambil kanan. Nah dr situ tanya aja. Soalnya jalannya gak ribet kok. Cuma ngikutin jalan aje. Hehehe.
      Jgn lupa prin peta aja sis buat k sana. Cari aja d google dr tmpt sis k sana. Biar d jalan gak lupa.

      Delete
  7. kalo naek motor dr jkt enaknya lewat mana yaa gan, biar tidak kena begal di daerah jampang. terakhir kondisi jalannya gmn gan? mohon infonya, thx.

    ReplyDelete
  8. Ambil jalur pelabuhan ratu aja gan. Bisa d search kok d google. Kondisi jalan bagus kok gan. Cuma emang jauh bgd. Hehehe sekitar 9 jam perjalanan dr jkt

    ReplyDelete
  9. bro boleh minta cp situ ga buat nanya penginapan?

    ReplyDelete
  10. Gan, utk biaya masuk ke penangkaran penyu, untuk liat penyu menetas dan melepas penyu, sekarang harga nya kira2 berapa ya? denger2 dari info nya naik menjadi 200rb per orang, apa benar? mohon klarifikasi nya Gan...
    Terma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan. Terakhir ane kesana awal 2013, masuk k penangkaran penyu itu 15.000 kalo gak salah. Tp ane gajadi masuk karena gada penyu yg bertelur hari itu jd ane gak bayar. Mungkin 200.000 uda sama ojek pp dr penginapan? Karna jaraknya lumayan jauh

      Delete
  11. gan mau nanya kalo penginapan, kita cari di bale2 bambu gitu ada ga disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan. Banyak tipe penginapan dr yg modern sampe traditional sepanjang pantai. Tinggal pilih aja sesuai budget.

      Delete
  12. Gan kalo liburan kesana sama pacar aman ga tuh takut ada gerebegan ane

    ReplyDelete
  13. kak kalo untuk 2 orang harga penginapan bisa lebih murah apa sama harganya untuk ramai"

    ReplyDelete
  14. Kalo kesana satu motor emg rawan bgt ya? Tp brgkt dri pel ratu jam 5 pagi kak?

    ReplyDelete
  15. Gan kalo misalkan ane tidurnya ngampar di pinggir pantai pakai karpet bayar engga ?

    ReplyDelete