Tuesday, September 18, 2012

Backpacker ke Pulau Tidung Rp 200.000

Pulau tidung merupakan pulau terbesar yang terletak di kepulauan seribu. dengan jumlah penduduk kurang lebih 4000 jiwa. paket wisata yang ditawarkan di pulau ini terbilang cukup menarik. walaupun di katakan sebagai pulau terbesar di kepulauan seribu tetapi paket wisata masih belum ter-manage dengan baik karena belum ada resort atau hotel yang menawarkan jasa travel atau hanya sekedar tempat singgah, tetapi penduduk  asli yang mengolah sumber-sumber wisata yang ada disana. sehingga segala sesuatu masih bisa di negosiasikan khususnya dalam penetapan harga.

Mendengar dari beberapa teman yang telah mengunjungi pulau indah ini membuat saya ingin melihat langsung panorama  yang di tawarkan oleh pulau ini. walaupun dengan budget yang minim saya mengajak 3 orang lainnya termasuk pacar saya untuk menyambangi pulau ini.


kami berangkat jam 04.30 pagi dari rumah dan tiba di pelabuhan muara angke jam 6 pagi menggunakan taksi.  karna ini pengalaman pertama kami ke pelabuhan muara angke jadi kami menggunakan taksi untuk menghemat waktu. yang kami bayangkan tentang pelabuhan muara angke adalah ada kapal feri atau kapal boat yang lumayan bagus tetapi ternyata yang kami lihat hanyalah kumpulan kapal nelayan. benar-benar diluar dugaan kami. sempat kami berdiskusi untuk pulang, (hehehe lebay) tetapi karna rasa penasaran akan pulau tidung kami pun terpaksa menaiki kapal ini.

kapal nelayan
kami tiba jam 6 pagi langsung membeli tiket. buruknya lagi, manajemen yang semerawut dalam pembelian tiket melengkapi penderitaan kami pagi ini. jadwal keberangkatan jam 07.00 tapi kapal kami berlayar jam 08.00 ( gak kebayang deh cape nya nunggu di kapal seperti ini). karena kapal menunggu penuh penumpang yang bisa mencapai 100 orang dalam 1 kapal. (haduh kapal dan angkot sama saja di indonesia)

akhirnya kapal pun berlayar pukul 08.00 dan pada pukul 10.00 kami pun singgah di pulau pari untuk menurunkan penumpang. (karna tidak semua penumpang tujuannya ke pulau tidung)

pulau pari
 tidak sampai 10 menit kami melanjutkan perjalanan ke pulau tidung.
kami sampai di pulau tidung pukul 11.00. saat tida d pelabuhan tentunya kami merasa bingung kaerna kami tidak menggunakan jasa travel bahkan sewa rumah pun belum. tetapi kami tetap pada prinsip kami "travelling with low cost" alias backpacker. hehehehe.

saat pertama kali tiba di pulau ini kami pun langsung mengunjungi warung makan yang tersedia di dekat pelabuhan. dan kami tidak bosan untuk bertanya penginapan yang paling murah. hehehehe (namanya ngirit) tetapi kami tidak mendapatkan apa yang kami mau karena kami berkunjung ke sana pada hari sabtu jadi harga minimal homestay 250.000 per malam. akhirnya kami memutuskan untuk jalan lagi. lalu ada seorang bapak yang menawarkan homestay pada kami dengan harga 250.000 tapi kami menawar 100.000 ( hehehe kejam yah) tetapi kami melihat harga itu memang cocok. akhirnya terjadi tawar menawar dan kami sepakat di harga 150.000. tetapi kami sedikit kecewa karena ternyata rumah yang kami tempati bukan milik bapak tadi tetapi milik orang lain jadi dengan kata lain seharusnya kami bisa dapat rumah dengan harga 100.000. huh tapi kata bondan prakoso "yasudahlah" hehehehe

kami beristirahat sejenak dan merapikan pakaian. pada jam 03.00 sore kami berjalan ke jembatan cinta yang jaraknya hanya 1,5 km. jika anda tidak ingin cape cukup menyewa bentor (becak motor) seharga 15.000.
saat sampai di jembatan cinta kami memanfaatkan moment ini untuk berfoto2 dan mengunjungi pulau tidung kecil.

jembatan cinta
 jembatan cinta adalah jembatan yang menghubungkan pulau tidung besar dan tidung kecil. tetapi sayangnya jembatan cinta ini kurang terawat sehingga banyak bagian dari jembatan ini yang rusak parah.

jembatan yang rusak

kami menghabiskan waktu di jembatan ini sampai fajar menghilang di ufuk barat.
foto saat sunset

setelah malam tiba kami kembali pulang ke penginapan. kami beristirahat untuk melanjutkan aktifitas esok hari.

pagi pukul 08.00 kami langsung ke pelabuhan membeli tiket. ternyata ada kapal resmi yang disediakan oleh pemerintah DKI yaitu kapal kerapu dan kapal lumba-lumba. akhirnya kami membeli tiket kapal lumba-lumba dengan pemberangkatan jam 10.30. 
karena waktu pemberangkatan masih lama kami memutuskan untuk kembali ke jembatan cinta. kami menaiki wahana banana boat dengan harga 30.000 per orang. setelah itu saya memberanikan diri melompat dr jembatan cinta yang tingginya kurang lebih 6 sampai 7 meter.

terjun dari jembatan cinta
persiapan pulang


setelah puas bermain air kami pun pulang ke jakarta menaiki kapal lumba-lumba yang sangat nyaman dan ber-ac. sangat jauh berbeda dengan pengalaman berangkat kami.

kapal lumba-lumba

lalu pukul 16.00 kami pelabuhan kali adem (sebelah pelabuhan muara angke). dan kami kembali terlibat dalam kemacetan dan kesibukan kota jakarta lagi.

Tips backpackeran ke pulau tidung :
  1. Jangan takut bertanya, menawar, apalagi mengnakutkan biaya.
  2. persiapkan konsumsi ( popmie, roti, dll) anda bila budget benar-benar tipis
  3. gunakan kapal resmi pemerintah ( kapal lumba-lumba atau kerapu) karena lebih on time jalannya dan lebih murah.
  4. ajaklah beberapa teman anda agar penginapan dan biaya transportasi lebih murah.
  5. pastikan anda dalam kondisi sehat ( ya namanya backpacker kemana-mana mengandalkan kekuatan kaki anda)
  6. berkunjunglah saat work day atau senin - jumat karna frekuensi pengunjung tidak terlalu banyak sehinggga harga dapat di tawar lebih murah
  7. belilah tiket pulang kapal saat anda tiba
  8. jangan terlihat bingung karena jika itu terjadi anda akan mudah di gandrungi calo-calo pariwisata. jadi usahakan berhubungan langsung dengan penyewaan jasa rumah dll. ( jangan khawatir tersesat karena pulau ini tidak sebesar jakarta dan masih bisa d tempuh dengan berjalan kaki
  9. berdoa dimanapun anda berada.

rincian biaya yang saya keluarkan :
  • taksi PP ( Rawamangun  - angke )         120.000 : 4 orang                           30.000
  • penginapan                                            150.000 : 4 orang                           37.500
  • banana boat                                                                                                 30.000
  • makan                                                   10.000 @ 4                                    40.000
  • es kelapa                                                                                                        8.000
  • es campur                                                                                                     10.000
  • jajan lain-lain                                                                                                 10.000
TOTAL                                                                                                                 165.500

Murah buakn?
jadi dengan budget 200.000 anda tidak akan  kelaparan di pulau ini

selamat mencoba.

82 comments:

  1. nice info gan..
    biaya buat tiket kapalnya brp itu gan? tolong di share jg,, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiket kapal ane saranin pake kapal resmi pemerintah aja gan.
      ada kapal kerapu dan lumba-lumba, tiketnya cuma 32 ribu sekali jalan. ya tapi harus dateng minimal jam 6 gan soalnya ngantri, gak ngetem dan jam 7 udah jalan.(pulangnya ane naik kapal ini)
      kalo kapal nelayan kayak ane itu 37 ribu tapi nunggu penuh kaya angkot, jadi lama.(jalannya ane naik kapal ini)

      Delete
    2. kapal resmi di muara angke juga gan...

      Delete
  2. Itu tempat penginapannya kondisinya kayak apa? Kamar2 gitu apa kayak rumah? Buat harga 150 kayak ente, maksimal brp orang? 4 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane kmaren 1 rumah, 2 kamar lengkap dgn kasur, kompor, tv, dispenser dll.
      kalo maksimal gak d batesin sis, tp biasanya kalo lebih dr 4 orng yg punya rumah naikin harga dikit, ya ente pinter2 nawar aja. kalo kondisi ruma kaya ane kmaren bisa muat ampe 10- 15 orng kok.

      Delete
  3. Nama penginapannya apa gan? Punya cp nya gak? Makasih banyak yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ruma penduduk sis, kalo penginapan mah palingan cuma 1 petak, itu juga paling murah 250 ribu.
      ni cp tempat ane kmaren bu yaya. 085714573180. saran ane pinter2 tawar aja kali aja sista d kasih 100. hehe

      Delete
    2. Bedanya rumah penduduk sm penginapan apa? Iyasih hm. Oke gan sekali lagi makasih banyak :D

      Delete
    3. kalo ruma penduduk ada peralatan dapur dll. kalo penginapan cuma ruang petak kosong sama kasur palingan. ok

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. mantab deh gan postingannyaa... sangat bermanfaat... hatur nuhun.... ditunggu postingan ala backpacker lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tks gan. tunggu aja plan ane mau k green canyon nih.

      Delete
    2. kapan tuh ke grand canyon gan?ane sm tmn2 jg pengen ksana, cmn masih binggung krn ga pengen pke travel,hehehe... sapa tau kita bisa joint.

      Delete
    3. ane uda kesana gan. tp belum sempet buat postingnya. hehehe nanti kalo sempet ane posting deh gan. tks

      Delete
    4. sipp... nunggu infonya. btw abis brp duit kesana?

      Delete
    5. nanti ane post ya gan. heheh di tunggu aja ya

      Delete
  5. sorry gan ane mau nanya,,ada gak jadwal kapal sore ,yang ke pulau tidung atau pulau lainnya ,,yang kira2 berangkat jam 3 atau jam 4,,,



    thank gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu ada sis kapal pemerintah yg jalan nya jam 1- 2 dr pelabuhan kali adem (deket pelabuhan muara angke). tp skrng setau ane udah jarang bgd kapal yg jalan jam segitu karna ombak gede. kalo fery nelayan jalan jam 7-8 smua. gada yg siang.

      Delete
  6. mau nanya .. penginapan bu yaya itu rumah penduduk?
    tapi gak gabung dengan keluarganya kan pas di rumah?

    ReplyDelete
  7. iya. kalo kita sewa ruma nya dia dan keluarga akan langsung pindah ke ruma ibunya, jd fasilitas d ruma bu yaya bisa kita nikmati.

    ReplyDelete
  8. gan mau nanya lagi .
    untuk kondisi rumah nya gmn? kamar mandi dan ruagan lain bersih? deket mana?
    saya udah sms untul 3h 2m sih ..txu before

    ReplyDelete
  9. keadaan rumah ok. buat 15 org juga muat. ada 2 kamar. 1 ruang tamu, ruang tv, dapur dan kamar mandi. lengkap dgn perabotan seperti dispenser, kulkas, tv, kasur, kompor, dll.

    ReplyDelete
  10. jadi misal mau brangkat ke sana nih gan, naek kapal dari angke jam berapa tepatnya?masalahnya misal dari bogor brangkat,harus jam berapa lg jalannya...subuh brarti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kapal dr angke brangkat sekitar jam set 8 - 8 nan gan. cuma dr jam 6 pasti kapal uda penuh. kecuali weekday baru sepi. jd tuh kapal ngetem ampe sumpek bgd. ya agak gak manusiawi sih kalo ane bilang. hehehe
      saran ane ente naik travel aja mpe jkt. trus kalo bisa ya subuh uda d sana gan. jd kalo dateng duluan langsung aja mesen tiket trus tempatin deh space d kapal

      Delete
  11. kalu untuk 2 orang gimana? harga penginapannya murah gak ya?
    kaka pake tour guide gak pas kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalo homestay petakan uda fix kisaran 250-350. Karna banyak atau dikit orgnya sama aja harganya. Tp kalo ruma pendududuk nego on the spot aja.
      Waktu itu ane cuma ber4 ke sana. Dan gak pake tour guide.
      Selamat mencoba

      Delete
  12. gan rumah pendududk bu yaya itu lokasi nya dket pantai atau gymana....
    punya foto hlaman dpan rumah bu yaya kgaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ruma bu yaya itu agak kedalem gan. Ya sekitar 100m dr pantai. Kalo yg pinggir pantai mah agak mahal gan.
      Waduh ane lupa tuh buat foto rumahnya bu yaya
      Hehe

      Delete
  13. gan malemnya ngapain aje?? hehheehe

    ReplyDelete
  14. gan.. kapal yang resmi itu cma ada di kali adem aja?
    kalo dari gatot subroto jkt mending naik taksi juga ya ke kali adem?
    soalnya orang jauh nih, pengen yang pasti pasti aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan dr kali adem
      Mending naik taksi kalo naik angkot ribet dan bisa lebih mahal

      Delete
  15. Mas, tau info mengenai pulau pari ngga? ;)

    ReplyDelete
  16. selain akses melalui muara angke..akses lain ke pulau tidung dr ancol bs ga?slnya dgr2 bisa..kl bawa anak kecil 2th naik kapal kira2 kondisinya gmn y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tp d sana hanya ada kapal speedboat yg tarifnya 200-250 ribu sekali jalan. Utk anak 2th naik speedboat gpp tp kalo naik kapal nelayan atau lainnya lebih baik jangan. Hehe

      Delete
    2. bener banget, kalo dari marina ancol itu agak mahal per orang minimal 200 ribu sekali jalan, belum biaya masuk ancolnya
      alternatif laen dari muara kamal sama di tanjung pasir, tapi saya saranin dari angke aja
      karena cuma di angke yang ada kapal resmi pemerintah DKI

      Delete
  17. saya ada rencana ke tidung bln depan nich,,kl dari pasar senen ke muara angke pake apa ya,,,,soalnya qt pake kereta.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk kendaraa di sana saya kurang paham. tp lebih praktis dan lebih murah naik taksi (kalau di atas 4 org).

      Delete
  18. Kalo yg dari jakarta mau pake kapal dari pemprov DKI ke pelabuhan mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya pelabuhan kali adem. Nanti sebelum pasar ikan muara angke ambil kiri.

      Delete
    2. Kalo untuk hiburan disananya kayak snorkling, bbq, dll kisaran harga berapa?

      Delete
    3. Snorkling biasanya d tawarkan dgn harga 450-550 tergantung banyak peserta. Tp bisa d nego sesuai kesepakatan dgn pemilik kapal. Bbq dan makan tidak jauh beda dgn d jkt.

      Delete
    4. kalo bisa ente sewa aja alat snorkeling nya, cuma 35 ribu per orang, seharian lagi

      Delete
  19. masih bingung ih sama kapal dari pemprov DKI jdi adanya di muara angke atau kali adem? oh iya buat backpackeran itukan harus memperhatikan cuaca juga yah kalau ke pulau tidung di bln maret aman ga iya buat nyebrangnya? atau ada rekomendasi bln apa yg tepat buat ke tidung? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelabuhan muara angke dan kali adem deketan mba. Ada d dkt pasar ikan muara angke. Yg kapal pemprov ada d kali adem. Kalau mau aman sih d bulan april-juni. Karna uda masuk kemarau.

      Delete
    2. kalau di pulau tidung kita bisa nyebrang ke pulau seribu lainnya ga yah?

      Delete
    3. Bisa, karna kapal nelayan yg nganter kita biasanya transit d pulau pramuka, pari, dll. Jd tinggal tanya aja kenek kapal nya lewatin mana.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Gan saya sudah menghubungi contact ibu Yaya dari blog agan ini. karena saya harus membayar dp penginapan ke beliau, saya mau memastikan bahwa bu yaya tidak melakukan penipuan kan gan? mohon reply saya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih kalo penginapan langsung onthe spot bayarnya. Tp kalau dia minta dp ya dp aja sekedarnya. Jgn sampe 50%. Kalo dr pengalaman sebelumnya bu yaya ini baik kok orgnya.

      Delete
    2. Iya gan, berdasarkan cerita agan, kan tidak sengaja bertemu dengan ibu yaya jadi bayar on the spot. nah kalau saya ada kesepakatan terlebih dahulu. jadi pake acara booking dan transfer dp.

      Ibu yaya menawarkan paket berlibur 2 hari 1 malam Rp 350.000/orang. itu sudah termasuk penginapan AC, Transport PP, Makan (3x), Banana boat, sepeda, snorkling, Foto underwater. menurut agan layak ngga gan, paketnya. homestaynya bagus tidak ya?

      Terima kasih

      Delete
    3. Harga segitu masih layak kok sis. Kalo bu yaya bukan homestay yg kemarin sy pakai. Tp ruma pribadinya. Karna waktu itu sangat padat pengunjung. Tp kalo kesepakatan sista dgn bu yaya skrng sy kurang paham.

      Delete
    4. Ok deh gan, terima kasih banyak informasinya :)

      Delete
    5. bu wety, wktu itu 350 rb/ orang rombongan atau tidak?

      Delete
  22. iya mas kemarin saya rombongan ada 6 orang. kalau 10 orang bisa lebih murah katanya, coba aja contact Bu Yaya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Gan, klo siang berarti gak ada jdwal kbrgktan kapal yah?

    ReplyDelete
  24. Mata elang adventure menawarkan paket murah ke pulau tidung
    16-20 Pax : 330.000/orang
    10-15 Pax : 340.000/orang

    Ticket Kapal Ferry dari Muara Angke (PP).
    Penginapan Plus AC
    Fasilitas Makan 3x (Model Prasmanan).
    Pesta Barbeque (Hidangan ikan laut dan cumi-cumi).
    Perlengkapan snorkeling untuk di gunakan 1 hari.
    Kapal untuk melakukan aktifitas Snorkeling.
    Sepeda Santai untuk di gunakan 1 hari.
    Pemandu Wisata local yang berpengalaman.
    Pemandu wisata dari Mata elang Adventure
    Dokumentasi Foto-foto Bawah Air (Underwater).
    Jalan santai ke kawasan terkenal di daerah wisata ini yaitu : Jembatan Cinta.
    Jalan santai ke Saung Pantai Perawan dan juga Saung Pantai Cemara Kasih.
    hub 0856-7838-313
    pin 7e758d4d

    ReplyDelete
  25. gan masih aktif ga nih ? mau nanya tentang tidung, sekarang harga kapal berapa ya ? penginapan yang paling murah minta dong mau ngirit buat tahun baru haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir kesana sept 2014. Yg dr angke msh 37.000/ org kalo kapal pemerintah 45.000. Kalo skrng mungkin uda naik gan.

      Delete
    2. Gan kalo skrng2 yg kapal pemerintah masih ad ga?trus jadwalnya kon aj?sop utk pembelian tiketnya gmn?thank u gan

      Delete
  26. wahhh ini seru dech,, ria ada rencana kesana gan
    kiranya masih bagus kan kondisinya :)
    bersih gg?
    and gimana kalau ada rencana camp disana
    boleh and apa ada perijinan lagi?

    ReplyDelete
  27. Masih lumayan bersih sis. Tp kalo sabtu minggu padet bgd dgn pengunjung. Kemah bisa kok tinggal nego bayar uang kebersihan aja ama penjaga pantai.

    ReplyDelete
  28. Saya akhir bulan maret ini mau ke pulau tidung, berapa ya harga tiket naik kapal kerapu ?

    ReplyDelete
  29. Harganya udah ter-update tuh? Tapi udah keburu rencana ke Jogja malahan udah book rental mobil jogja lagi haha kumpulin duit lagi deh inimah

    ReplyDelete
  30. gan masih aktif kah ni blog...gan kalo kita bawa tenda2 bisa kah ada khusus tempat buat pasang tenda...

    ReplyDelete
  31. gan masih aktif kah ni blog...gan kalo kita bawa tenda2 bisa kah ada khusus tempat buat pasang tenda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bantu jawab.

      ada beberapa pulau yang bisa dipakai untuk buka tenda: Pulau Semak Daun dan Pulau Air. Dua pulau itu tidak berpenghuni tapi ada pengelolanya, khususnya Pulau Semak Daun.

      Delete
  32. ka boleh minta saran agen wisata pulau tidung yang recomended ga? makasih

    ReplyDelete
  33. ke gw bisa bang... tgl 13-14 februari 2016 gw buka open trip ke tidung.. 350k /pack .. buat info lbh jelasnya PIN BB 5AA58E4B LINE/WA 087779950432, 081220858719, 085871428005

    ReplyDelete
  34. Ke Tidung klo cuma ber 2 kena brp tuh?

    ReplyDelete
  35. Gan, kalo mau pake tenda di pulau Tidung atau Pari untuk izinnya kemana ya? ada contact personnya ga ya?thanks..

    ReplyDelete
  36. ada yang mau ke tidung tahun baru 2017 ini?
    gabungan yuu 😁😁
    posisi dari bandung, tapi meeting point bisa di muara angke berangkat ber3 cari orang biar rame :D
    kalo ada bisa wa 089662592473
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun barunya berangkat sabtu atau hari minggunya mbak...???

      Saya juga rencana mau backpacker ke Tidung...

      Delete
    2. Kamu mau pergi tanggal berapa? Kalau bisa say plan tanggal 14 hari sabtu nya bulan 1 . Hub bbm saya D2E80DCE

      Delete
    3. Kamu mau pergi tanggal berapa? Kalau bisa say plan tanggal 14 hari sabtu nya bulan 1 . Hub bbm saya D2E80DCE

      Delete
  37. bang kira kira kalo backpacker kesana bakal kehabisan penginapan ga ya? takutntya kehabisan dan disana kaga ada tempat

    ReplyDelete
  38. Disana bisa snorkeling kan ya gan? Kira kira berapa ya biayanya?

    ReplyDelete
  39. Ada yang tau ga penginapan murah simpel aja buat 2 org. Di pulau tidung

    ReplyDelete